Obat Pembasmi Hama Keong Sawah

Obat Pembasmi Hama Keong Sawah

Dalam membudidayakan tanaman padi ataupun tanaman lainnya di sawah tentu ada kendala yang biasa menyerang tanaman, salah satunya adalah hama yang sering menyerang tanaman di sawah seperti keong sawah.

Keong mas masuk pertama kali ke Indonesia dari Amerika Serikat, dulunya keong mas seringkali diolah menjadi makanan. Sebenarnya hewan yang satu ini mempunyai rasa yang sangat lezat jika dimasak dengan benar.

Namun sekarang ini, keberadaan keong sawah atau keong mas hanya dianggap sebagai hama perusak tanaman. Bukan hanya di Indonesia saja, hama keong sawah ini sudah menyebar di beberapa negara seperti Thailand, Filipina, Vietnam, dan Kamboja. Di negara-nega tersebut keong mas dianggap sebagai hama yang paling merugikan karena biasa memakan tanaman padi yang masih muda.

Pengendalian Hama Keong Sawah

Sebenarnya pengendalian hama keong sawah bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan membiarkan hewan predator di sawah seperti bebek. Bebek biasanya memiliki peran yang sangat penting di sawah yaitu untuk memakan keong sawah. Namun jika populasinya sudah semakin banyak maka Anda bisa menggunakan obat pembasmi hama keong sawah.

1. Pemberian Kapur Bangunan atau Gamping

Pemberian kapur bangunan atau gamping sebagai obat pembasmi hama keong sawah ini sangat mudah caranya. Caranya adalah dengan menaruh kapur bangunan atau gamping ini ke dalam areal persawahan dalam jarak sekitar 2 sampai 3 meter satu bungkus kapur bangunan. Anda tidak perlu khawatir karena kapur ini tidak akan menganggu tanaman Anda.

2. Membasmi Telur Keong Mas

Telur keong mas atau keong sawah ini berwarna merah dan sangat banyak sekali jumlahnya. Jika Anda menemukan telur keong mas ini maka bisa langsung Anda musnahkan. Telur ini bisa Anda hancurkan dengan mudah yaitu cukup dengan menggunakan tangan.

3. Aplikasi Pestisida

Pemberian pestisida untuk keong mas juga akan sangat efektif untuk memusnahkan keong yang sudah semakin merambah area persawahan. Pestisida yang digunakan sebaiknya memiliki bahan aktif niclos amida atau bisa pestisida botani seperti deris, saponin, dan lerak.

baca juga : agrobibittanaman.com jual bibit tanaman berkualitas

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*